Kerja Sama Desa Adat Pedungan dengan BUPDA Bali

Desa Adat Pedungan telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Surya Sanjaya pada hari Jumat, 15 Juli 2022, dalam rangka kerja sama Pengelolaan Lingkungan dan Peningkatan Perekonomian dan Kemandirian Desa Adat. Nota Kesepahaman ini kemudian menjadi dasar dilanjutkannya sosialisasi kepada masyarakat di Desa Adat Pedungan untuk menjelaskan program kerja sama.

Sosialisasi di Desa Adat Pedungan sudah dimulai sejak , yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu di masing-masing banjar. Sosialisasi menghadirkan ibu-ibu PKK beserta para pengurus lingkungan adat setempat. Setelah dilaksanakan sosialisasi, kegiatan dilanjutkan dengan diadakan sensus oleh pemuda-pemudi banjar masing-masing untuk mengumpulkan data dasar Krama. Sensus dilakukan melalui aplikasi bernama BiGIS (Bimasakti Geographic Information System), yang membantu pengumpulan data secara spasial, akurat, cepat, dan praktis bagi surveyor. Hingga tanggal 9 November 2011, sedang dilakukan survey di sebelas banjar dari 14 banjar adat yang ada di Desa Adat Pedungan.

Setelah dilaksanakannya Sensus, kerja sama akan dilanjutkan dengan penandatanganan MOU dan pembangunan Depo Logistik di Desa Adat. BUPDA Bali saat ini sudah memiliki dua depo terbangun di Desa Adat Tegalcangkring dan Desa Adat Delodbrawah di Kabupaten Jembrana.

Dengan dibangunnya Depo, maka pelaksanaan program selanjutnya dapat segera dilaksanakan. Depo akan mempermudah Desa Adat untuk melakukan usaha penjualan sembako dan barang-barang kebutuhan rumah tangga kepada krama, dan juga siap menyediakan sarana prasarana yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM di Desa Adat. Depo BUPDA juga dapat menjual barangnya dengan harga grosir kepada para pedagang warung Krama Desa Adat dengan harga yang murah dan memberikan pelayanan pengantaran barang ke lokasi warung Krama. Pemesanan barang dapat dilakukan melalui aplikasi BUPDA Bali. Dengan seperti itu, baik untuk pembelian grosir oleh warung maupun pembelian rumah tangga, tidak perlu datang ke lokasi Depo karena setelah pemesanan barang juga akan diantarkan. Selain penjualan barang, program BUPDA yang dapat dirasakan oleh Krama secara langsung adalah pengelolaan limbah cair domestik dan pemberian paylater.

Share:

More Posts

Send Us A Message